26 cara melatih otak supaya pintar/cerdas

Hello sobat blogger,maaf sebelumnya ane baru posting lagi,hehehe kelamaan gak posting-posting,ane ngambek gara-gara google adsense yang tak kunjung memberikan kabar kepada blog saya ini :(

Kali ini saya akan memberikan beberapa cara melatih otak kita agar bekerja dengan pintar/smart,hehehe meskipun saya ini bodoh,tapi saya bisa meberikan tips melatih otak agar pintar  dengan cara yang yang lumayan ampuh ini hehehe.Berikut cara-cara dan tipsnya :

1.BERMAIN KATA 
Cobalah ajak teman-teman kalian bermain kata,karena sebuah penelitian menemukan bahwa dengan bermain teka-teki kata kita bisa menurunkan kemungkinan terkena Alzheimer dan Demensia.Bermain scrabble atau video games sejenis itu juga bisa melatih otak kita agar pintar/kata kitanya mah otak jadi encer.

2.MAKAN KUNYIT
Kunyit merupakan jenis bumbu yang biasa ditemukan pada masakan tradisional india dan thailand.Kunyit mempunyai kandungan Kurkumin yang juga bisa menurunkan risiko terkena demensia.

3.IKUT TAE KWON DO
Selain olah raga bela diri ini,ada juga bisa mencoba untuk mengikuti kelas tari atau bermain.Yang penting cari aktivitas yang bisa meningkatkan denyut jantung dan memerlukan banyak koordinasi.Jenis olah raga seperti tak hanya menyehatkan tubuh,tetapi juga otak :)

4.TONTON AL JAZEERA
Jangan pernah menutup diri anda dengan ide-ide baru.Sebuah penelitian di 2009 menunjukan bahwa penonton al jazeera english memiliki pemikiran yang lebih terbuka dibandingkan mereka yang hanya menonton CNN International atau BBC World.

5.BUANG PONSEL PINTAR SEMENTARA
Secara konstan mengecek apakah ada pesan yang masuk diponsel anda/sesuatu yang berhubungan di ponsel dapat membuat anda tidak fokus dalam mengerjakan tugas.Sesekali biarkan ponsel anda dalam keadaan offline atau matikan akses internet anda untuk sementara.

6.TIDUR YANG BANYAK kekekewk xD
Curi waktu untuk tidur siang sesaat lalu biasakan tidur malam lebih cepat.Sebuah penelitian di Harvard menemukan bahwa otak terus memproses memori bahkan saat kita tidur,nantinya anda akan mengingatnya lebih baik saat bagun.

7.UNDUH APLIKASI TED
Orang-orang dengan pemikiran terbaik berkumpul secara rutin didalam konferensi TED (Technology,Entertainment dan Design) untuk membahas isu-isu penting terkini.Anda bisa mengikutinya dengan mengunduh aplikasi TED untuk IOS dan android.

8.BUAT SEBUAH ISTANA MEMORI
Salah satu trik untuk mengingat cepat adalah dengan mengasosiasikan apa yang ingin anda ingat dengan sebuah gambar jelas.Anda mungkin tak mempunyai kesabaran untuk membangun sebuah "istana memori"tapi setidaknya mendapatkan gambaran tentang teknik tersebut dengan membaca buku Moonwalking white Einstein:The Art And Science Of Remembering Everything
Karya JOSHUA FOER.

9.BELAJAR BAHASA
Belajar bahasa baru memberikan semacam olah raga kepada prefontal cortex,yaitu bagian otak yang mempengaruhi pengambilan keputusan dan emosi.

10.MAKAN COKELAT HITAM
Dark chocolate atau cokelat hitam tidak langsung mendorong peningkatan IQ anda dalam semalam,akan tetapi cokelat ini mengandung FLAVONOID yang dapat mempertajam memori.

11.BELAJAR MERAJUT
Jangan menganggap kegiatan ini hanya untuk orang lansia/lanjut usia.Anda bisa mencoba merajut atau menjahit karena dengan mengasah kemampuan motorik,sekaligus bisa meningkatkan kemampuan kognitif.

12.HAPUS SENYUM SESAAT
Sejumlah experimen menunjukan bahwa tindakan sederhana seperti mengerutkan dahi atau cemberut
bisa meningkatkan kemampuan analitik dan membuat anda lebih waspada.

13.MAIN VIDEO GAME
Bermain video game,terutama yang bertema kekerasan,bisa melatih otak anda.Sejumlah penelitian menemukan bahwa video game jenis ini bisa mempercepat reaksi ,meningkatkan kemampuan multitasking,dan mengurangi rasa kesal akibat stress dipekerjaan.

14.IKUTI MEREKA DI TWITTER
Ini adalah beberapa orang yang ada bisa ikuti dimedia sosial twitter

Nouriel Roubini (@Nouriel): Ekonom jenius yang sering membagi info tentang ekonomi manajemen.

Jad Abumrad (@JadAbumrad): Siaran radionya yang berjudul "Radiolab"merupakan panduan
paling cerdas untuk lebih mengerti tentang sains dan filosofi.

Colson Whitehead (@colsonwhitehead): Novelis yang sering menulis kalimat penuh makna dan bahkan lucu melaui twitter.

15.MAKAN YOGURT
Probiotik baik untuk perut anda,tapi sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa yogurt sama baiknya untuk otak.Dalam penelitian yang melibatkan tikus,setelah mengonsumsi yogurt ,binatang tersebut dapat mengatasi rasa cemas lebih baik dan terlihat peningkatan dioatak terutama bagian memori dan emosi.

16.SUPER MEMO
Menjadi pelupa,pastinya tidak akan menyenangkan.Coba gunakan program supermemo dikomputer yang dapat membantu anda menyusun katalog tentang data-data baru yang anda butuhkan.


17.KENALI CARA BERPIKIR
Otak memiliki dua cara berpikir menurut Daniel Kahneman penulis buku Thinking,Fast and Slow.Sistem pertama adalah berpikir cepat dan otomatis ,lalu sistem kedua adalah berpikir lebih pelan dan butuh banyak usaha.Dengan memahami kedua cara berpikir tersebut ,anda bisa mendeteksi rasa malas dan menentukan pilihan yang lebih baik.

18.HIDRASI
Mungkin anda sudah mendengar aturan agar minum air banyak setiap harinya.Akan tetapi ini memanglah benar,karena dehidrasi bisa menyebabkan otak bekerja lebih keras dan bisa menumpulkan kemampuan perencanaan.


19.KUNJUNGI MUSEUM
Kunjungi museum yang menampilkan lukisan dan karya seni lainnya.Melihat karya seni telah terbukti menurunkan kadar stres sekaligus membuat anda fokus dengan hal-hal yang lebih penting.

20.MEMAINKAN ALAT MUSIK
Jika anda tidak bisa memainkan alat musik,cobalah untuk belajar satu alat musik tertentu .Dengan bermain atau belajar alat musik mampu meningkatkan IQ serta membuat otak bekerja terutama
dibagian yang mengatur ingatan dan koordinasi.

21.MENULIS DENGAN TANGAN
Terlalu sering mengetik dikomputer?Cobalah lebih sering menulis dengan tangan.Sejumlah penelitian menunjukan bahwa menulis dengan tangan lebih memungkinkan otak kita lebih bekerja dibandingkan dengan mengetik.Akui saja,anda akan lebih mengingat apa yang anda tulis jika dilakukannya dengan tangan.

22.TEKNIK POMODORO
Ini merupakan metode manajemen waktu yang sama sekali tidak berhubungan dengan pasta.Tapi metode ini adalah melakukan pembagian waktu bekerja dengan melakukan istirahat sejenak tiap 25 menit bekerja.Dengan melakukan istirahat sekitar lima menit dalam pekerjaan dapat meningkatkan ketangkasan mental anda.

23.BIARKAN PIKIRAN BERKELANA
Saat tidak sibuk,biarkan pikiran anda berkelana keluar dari masalah-masalah yang membuat stress.Sebuauh penelitian menyebutkan bahwa dengan membiarkan pikiran tersebut keluyuran entah kemana,bahkan jika tidak anda sadari,dapat membantu otak untuk berpikir jernih.

24.MINUM KOPI
Wanita yang meminum empat gelas kopi sehari terbukti memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu gelas seminggu.

25.MENUNDA KEPUASAN
Ada sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mampu menahan keinginan maknaan marshmallow didepannya,beberapa tahun kemudian,ternyata memiliki nilai tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak bisa menahan diri.Karena dengan menunda kepuasan,anda bisa memfokuskan perhatian ke hal-hal lain,misalnya menyanyikan lagu.

26.MENJADI AHLI
Kuasai satu tugas tertentu yang anda minati dan otak akan bekerja lebih efisien .Keahlian bukan bakat bawaan ,tapi harus diasah terus-menerus agar semakin sempurna.


Sekian dari saya cara melatih otak agar encer,bukan tetapi pintar,menurut yang saya ketahui seperti inilah cara melatihnya dari info yang saya dapatkan dari info-info dan sudah saya coba beberapa alhasil lumayan memang berkaitan sekali dengan cara-cara diatas,kurang lebihnya saya mohon maaf terimakasih banyak,smoga bermanfaat.





Related : 26 cara melatih otak supaya pintar/cerdas

0 Komentar untuk "26 cara melatih otak supaya pintar/cerdas"